Powered By Blogger

Senin, 17 Desember 2012

Selisik SNMPTN 2013

Selisik SNMPTN 2013

Hingar bingar pemberitaan di media massa pada waktu yang lalu tentang pemberitaan penghapusan SNMPTN 2013 sempat membawa angin berisik. Ada kalangan tertentu yang sempat bingung dengan pemberitaan tersebut. Bukan hanya itu saja, melainkan juga pemberitaan tersebut sempat menjadikan bahan pertanyaan bagi eksistensi suatu lembaga/ instansi tertentu. Instansi yang dimaksud bukanlah sekolah formal, melainkan bentuk sekolah informal seperti bimbingan belajar. Beberapa dari mereka mungkin sempat berpikir kiprahnya akan mengalami sedikit penurunan daripada tahun-tahun sebelumnya. Bahkan target-target yang sudah direncanakan dimungkinkan akan berkurang. Itulah sedikit gambaran yang dialami sebagian masyarakat pegiat kualitas pendidikan melalui bimbingan belajar. Namun, kekhawatiran itu akhirnya sirna seiring pemberitaan akan dihapuskannya sistem Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) masih dalam wacana.
Memang tidak dipungkiri bahwa keberadaan sebuah bimbel pada masa kekinian masih tetap dijadikan sebagai tempat atau wadah untuk menambah pengetahuan secara akademik. Terlebih lagi dengan momok yang menakutkan UN 2013 yang nilai kelulusannya tidak pernah turun alias tetap meningkat. Dengan demikian, tidak heran bila jumlah siswa yang ikut bimbel semakin bertambah dengan puncaknya menjelang ujian SNMPTN 2013.
Kembali ke persoalan pemberitaan penghapusan SNMPTN 2013. Pemberitaan tersebut jelas-jelas belum keputusan final. Jadi, sebenarnya SNMPTN 2013 masih tetap berlaku hanya saja tentu berbeda konsepnya dengan SNMPTN 2012 tahun lalu. Memang secara umum ujian yang diberlakukan oleh pemerintah lewat pihak Kementerian Pendidikan Nasional sistem penerimaan mahasiswa ada tiga jenis, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri. Ketiga sistem penerimaan di atas memiliki ketentuan-ketentuan tertentu. Berikut sedikit gambaran mengenai ketiga sistem ujian tersebut.
Pertama, untuk SNMPTN tahun 2013 ini ketentuannya sudah berbeda dengan tahun lalu. Kalau tahun lalu SNMPTN bertujuan menerima mahasiswa lewat ujian tertulis dengan biaya sekitar Rp150.000,00 s.d. Rp175.000,00, sedangkan untuk tahun ini SNMPTN sistemnya tidak seperti itu. SNMPTN 2013 tidak lagi dilangsungkan dari ujian tulis, tetapi hanyalah jalur undangan saja. Keuntungan dari sistem ini adalah segala biaya digratiskan oleh pemerintah. Dari kebijakan ini jelaslah pemerintah berkomitmen untuk mengurangi angka putus sekolah terlebih lagi angka untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Oleh karena itu, memang banyak calon-calon mahasiswa yang pintar secara kognitif, tetapi karena kekurangan dana pada akhirnya tidak bisa mendaftar. Hal inilah yang menjadi alasan pemerintah sehingga membebaskan biaya pendaftaran. Dari jalur SNMPTN 2013 kuota calon mahasiswa yang akan diterima 50% dari daya tampung perguruan tinggi dengan kriteria penerimaan utama dari hasil nilai rapor ditambah nilai UN. Cara pendaftarannya hampir sama dengan jalur undangan tahun lalu yaitu setiap kepala sekolah harus mendaftarkannya.
Kedua, untuk SBMPTN 2013 (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Pada jalur ujian inilah sebagai pengganti SNMPTN 2012. Penerimaan calon mahasiswa lewat SBMPTN kuotanya 30% atau diperkirakan 90.000 mahasiswa dengan model ujiannya yaitu TPA (Tes Potensi Akademik) dan TBSP yang diselenggarakan pihak Majelis Rektor PTN dengan tentu adanya pembayaran.
Ketiga, untuk Ujian Mandiri 2013. Pada jalur ini calon mahasiswa boleh mendaftar, tetapi dengan ketentuan Perguruan Tinggi Tertentu. Artinya, segala kebijakan yang dilakukan mutlak oleh perguruan tinggi tersebut. Kuota pada jalur ini sebanyak 20% atau 60.000 mahasiswa. Kebijakan yang dimaksud berupa kebijakan mutlak yang tidak dapat diganggu gugat oleh pihak tertentu. Misalnya, kebijakan seperti yang diberlakukan ITB dalam pemberitaan bahwa lebih mengutamakan calon-calon mahasiswa yang berdomisili di Jawa Barat.
Berikut beberapa penanggalan penting terkait dengan penerimaan SNMPTN tahun 2013.
· Pendaftaran awal pada http://pdss.snmptn.co.id pada taggal 17 Desember s.d 7 Februari 2013
· Pendaftaran SNMPTN dan verifikasi data pada tanggal 1 Februari s.d. 8 Maret 2013 pukul 22.00 WIB
· Seleksi SNMPTN pada taggal 9 Maret s.d. 27 Mei 2013
· Pengumuman SNMPTN pada tanggal 28 Mei 2013 pada pukul 18.00 WIB
· Untuk ujian tulis pada jalur SBMPTN pada tanggal 11 s.d. 12 Juni 2013.
Semoga pada tahun 2013 ini penerimaan mahasiswa akan benar-benar sesuai dengan apa yang kita harapkan. Tentunya dengan tidak adanya pemberitaan yang menciderai sistem pendidikan nasional. Semoga saja….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar